Tuesday, September 3, 2019

Masa Depan Teknologi Informasi

Tags

Pada zaman sekarang, kebutuhan manusia semakin meningkat. Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, manusia semakin membutuhkan kebutuhan-kebutuhan lain dalam kehidupanya. Namun dengan begitu waktu yang dimiliki untuk segala kebutuhannya semakin menipis. Inilah pentingnya teknologi informasi, manusia diharapkan dapat bertransformasi kepada sesuatu yang lebih baik, efisien, dan efektif.



Di era yang sudah terbilang modern ini kita di dorong untuk terus melakukan inovasi karena jika tidak, maka akan tersingkir dalam era kemajuan ini. Mereka yang melakukan banyak penelitian dan eksplorasi yang akan menjadi pemenang. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya produk-produk serupa, namun yang dikenal luas oleh masyarakat hanya beberapa. Itu salah satu faktor yang menandakan bahwa yang terbaik adalah yang berkualitas, atau mereka yang senantiasa melakukan penelitian untuk berkembang terus-menerus.

Dengan yang kita lihat sekarang ini, sudah banyak benda-benda yang memiliki fitur diluar pengetahuan kita. Namun itu bukanlah hal mutakhir yang tidak dapat dikembangkan lagi. Seperti yang ada pada perkembangan kacamata dari dulu hingga sekarang. Dulu yang hanya digunakan untuk membantu penglihatan bagi orang-orang yang membutuhkan, namun sekarang kaca mata dapat menciptakan sebuah dunia rekayasa.

Menciptakan pola pikir yang cerdas untuk berkembang di dalam teknologi informasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Faktanya sekarang ini masih saja banyak orang-orang yang tidak mau berinovasi karena sudah puas dengan apa yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka yang begitu-begitu saja. Mulailah ikut serta dalam perkembangan teknologi, karena manfaat dan kebaikan yang turut serta disumbangkan dalam teknologi ini dapat memberikan amal jariah bagi pihak yang bersangkutan. Aamin.

Lantas bagiamanakah cerminan teknologi yang akan muncul di masa mendatang? Berikut ini ada beberapa teknologi yang menurut saya akan muncul di masa mendatang, atau bahkan sudah ada sekarang ini:

Artifical Intelligence

Artifical Intelligence (disingkat AI) atau yang biasa disebut sebagai kecerdasan buatan, akan mendominasi di dunia mendatang. Akan banyak hal-hal yang memanfaatkan teknologi ini. Misalnya pada kendaraan, yang sekiranya akan otomatis menggerakkan kendaraan dengan sekali perintah tanpa pengemudi ataupun kendali.

Virtual Reality

Virtual Reality (disingkat VR), biasa juga dikenal sebagai dunia rekayasa. VR ini berbeda dengan AI. VR ini merekayasa atau memanipulasi sebuah objek atau keseluruhan objek di dunia nyata. Untuk kedepannya, mungkin kita yang tinggal di daerah yang kurang enak dilihat namun dengan pemanfaatan teknologi ini semua itu akan direkayasa menjadi sesuatu yang lebih indah.

Hologram Graphic

Biasa juga diartikan sebagai grafis hologram. Mungkin ini teknologi gabungan antara AI dan VR yang dapat befungsi  memudahkan kita dalam melakukan kegiatan seperti misalnya: mengatur lampu dirumah dimanasaja dan kapan saja, tanpa menggunakan saklar, atau layar ponsel. Melainkan sebuah grafis virtual yang muncul didepan anda.

Untuk menyebutkan prediksi teknologi apa saja yang muncul di masa depan tentu akan sangat panjang. Hanya dengan menyebutkan hal-hal diluar nalar yang ada pada zaman sekarang sudah berarti memprediksi atau turut serta menyumbangkan ide untuk teknologi informasi di masa mendatang. Serta mengingat seberapa jauhnya pengetahuan manusia yang dimilikki sekarang dengan yang masih belum dipelajari.

Pada intinya teknologi informasi di masa depan akan banyak membantu aktivitas manusia, serta membuat manusia menjadi lebih produktif dengan meminimalisir waktu pengerjaan itu sendiri.

Tidak lupa untuk mempelajari ilmu-ilmu kebaikan guna menghindari penyimpangan dari perkembangan teknologi itu sendiri. Faktanya, semakin mutakhir teknologi itu pada hal yang positif, maka akan semakin berberbahaya pula teknologi itu pada hal yang negatif.

referensi:
http://ais-zakiyudin.blogspot.com/2014/06/masa-depan-teknologi-informasi.html
https://softskillgunadarmayudadriantama.wordpress.com/2017/10/03/trend-sistem-teknologi-informasi-masa-depan/

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai