Tuesday, February 13, 2018

Menggunakan VPN PacketByte menggunakan ProxySwitchsharp

VPN udah tidak asing lagi bagi para pengguna internet. Dengan VPN kita dapat mengakses beberapa website yang di block oleh provider internet kita. Contohnya membuka Reddit yang di block oleh Indihome. 

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi atau website yang menyediakan VPN gratis. Namun tak sedikit juga yang menyediakan versi premium atau berbayarnya. Untuk kualitas antara yang berbayar dengan yang gratis sudah pasti berbeda.


Dalam postingan ini saya hanya akan memberitahukan sebuah layanan VPN gratis yang memiliki kecepatan normal. Bisa dibilang kecepatannya diantara VPN gratisan dengan berbayar, karena pada umumnya VPN gratis memiliki kecepatan yang terbilang lambat dibandingkan tidak menggunakan VPN.

Sebelumnya, kita akan sedikit membahas tentang apa itu VPN.

Apa itu VPN?


VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network. Namun untuk lebih mudah memahami nya adalah jaringan rahasia, yang berarti VPN adalah jaringan yang digunakan untuk memalsukan jaringan asli kita. Jadi ketika kita mengakses suatu website menggunakan VPN, maka jaringan asli kita akan menuju ke pihak ketiga (third-party) terlebih dahulu lalu menuju website yang dituju.

Pada umumnya VPN digunakan oleh para peretas untuk menyembunyikan IP mereka, serta untuk menembus firewall seperti block ip. Namun seiring berjalan nya waktu, VPN kini digunakan untuk mengakses website yang di block oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet kita.

Walau penyedia VPN saat ini sangat banyak, namun hanya beberapa penyedia memiliki kualitas VPN gratis nya yang hampir setara dengan VPN berbayar. Salah-satunya yang saya gunakan adalah PacketByte.

PacketByte adalah salah satu layanan VPN dari Indonesia (kalau saya tidak salah) yang di kelola oleh safehamster. Tidak hanya menyediakan VPN, tetapi PacketByte juga menyediakan beberapa layanan internet lainnya, seperti Proxy, DNS, dan Mail.

Nah, untuk menggunakan VPN PacketByte ini kita akan menggunakan ekstensi Proxy SwitchySharp pada Chrome.

Pertama, install terlebih dahulu ekstensi Proxy SwitchySharp di Chrome.
Setelah itu akan muncul gambar bola dunia di samping address bar. Klik bola dunia tersebut, pilih Options lalu klik tab Import/Export.


Lalu masukkan alamat http://services.packetbyte.net/SwitchyOptions.txt pada kolom dibawah yang ada tombol Restore from Online. Tidak lupa klik juga tombol tersebut.
Apabila ada notifikasi dari Chrome tekan saja OK.
Setelah itu klik lagi pada bola dunia dan pilih satu dari 4 daftar VPN yang ingin digunakan. Saya umumnya menggunakan pb.auto.


Setelah itu tinggal browsing sepuasnya.

Gimana? Lumayan kencang? Coba saja streaming atau unduh sesuatu, kecepatannya masih diatas rata-rata VPN gratis yang lainnya.

Itu versi gratisnya, gimana dengan versi Premium nya? PacketByte juga menyediakan versi Premium nya dengan harga yang terbilang murah. Hanya Rp.20.000 perbulan. Jadi jangan ragu berlangganan yang versi premium nya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai