Thursday, April 27, 2017

Membuat Link Shortener dengan Javascript di Blog

Tags

Postingan pertama di domain yang baru. Beberapa jam setelah postingan ini adalah waktu dimana blog ini mengubah domain nya menjadi KakZer.id. Terima kasih kepada seluruh pengunjung setia maupun pengunjung baru blog ini.

Untuk kali ini, saya akan mengajari cara Membuat Link Shortener dengan Javascript di Blog. Entah kata apa yang cocok untuk judul postingan ini, link atau url. Entahlah. Namun kita di postingan ini bukan untuk memdebatkan dua kata itu.


Biasanya, orang-orang menggunakan link shortener yang dapat membayar mereka, contohnya adf.ly, ouo.io, dan lainnya.Hanya saja link shortener tersebut tidak hanya memperpendek URL, melainkan juga menyusahkan para pengunjung yang ingin mengunjungi laman dituju. Halamannya dipenuhi dengan banyak iklan, namun karena itulah user dibayar dengan ketentuan biasanya $1 per 1000 klik.

Namun ada juga link shortener yang benar-benar 'berniat' untuk memperpendek url. Contohnya bit.ly, goo.gl, dan sejenisnya. Tetapi disini, kita tidak perlu lagi menggunakan jasa yang mereka berikan, melainkan kita bisa membuat link shortener kita sendiri di blog.

Cara nya sangat mudah, letakkan kode dibawah ini tepat diatas kode </head>
<script language='javascript'>
//<![CDATA[
var key = window.location.href.split("goto/")[1].replace("/","")
var urls={
    'pstshrtnr':'http://www.kakzer.id/2017/04/membuat-link-shortener-dengan.html',
'about' : 'http://www.kakzer.id/p/tentang-kakzer.html'
}
if(key){
    if(urls[key]){
        window.location.href=urls[key]
    }else{
        document.write("'"+key+"' not found :(");
    }
}
//]]>
</script>

Note: Ganti url sesuai dengan keinginan kamu. Contohnya jika saya membuka http://kakzer.id/goto/pstshrtnr maka akan menuju halaman postingan saya ini. Sedangkan jika saya membuka http://kakzer.id/goto/about maka akan menuju halaman Tentang Kakzer. Jangan menggunakan koma pada data terakhir.

Jika ingin menampilkannya lewat HTML, bisa menggunakan kode ini
<a href="http://kakzer.id/goto/pstshrtnr" target="_blank">Post Shortener</a>
<a href="http://kakzer.id/goto/about" target="_blank">Tentang Kak Zer</a>

Sepertinya hanya itu yang bisa saya posting untuk saat ini. Kurang lebihnya mohon maaf karena yang terpenting, saya berharap postingan ini bermanfaat untuk semua blogger.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai